Saturday, May 19, 2012

Cara Membersihkan Rantai Sepeda



Mungkin ini tips yang mudah. Namun, kita sering melupakanya. jadi, karena lupa, waktu bersepeda diakhir pekan, ketika dikayuh sepeda anda mengeluarkan bunyi ‘cit-cit’ atau ‘kretek-kretek’. Itu tandanya rantai mulai kering dan berkarat, atau kotor. Dan hati-hati, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, rantai bisa ‘getas’ dan kalau putus di tengah jalan.

Jadi, simaklah baik-baik berikut ini.

Teknik Membersihkan Rantai Sepeda yang pertama. Dan inilah yang harus kita lakukan.
  1. Semprot rantai dengan chain cleaner, tujuannya adalah untuk ‘merontokkan’ bekas pelumas lama yang telah bercampur dengan debu dan pasir sehingga membuat rantai kotor. Nah di sinilah fungsi chain cleaner. Ada sebagian pesepeda yang berpendapat jauhi chain cleaner untuk membersihkan rantai karena ini yang bikin rantai kering. sebetulnya penggunaan chain cleaner tidak masalah jika langkah berikutnya kita lakukan. Setelah didiamkan 2 - 3 menit, semprot dengan kucuran air, sikat sampai bersih dan terlihat mengkilat. Selain menggunakan chain cleaner pada rantai, bagian cassete juga memerlukan larutan ini. Setelah semprotan air kita lakukan, kemudian lap menggunakan kain kering sampai kering.

  2. Tahap terakhir adalah semprot rantai dan cassete dengan chain lube. Pelumas khusus rantai lebih dianjurkan karena pelumas jenis ini akan meninggalkan lapisan tipis silicon, tidak menjadi kering dan kesat setelah waktu yang lama. Tidak dianjurkan menggunakan pelumas dengan kandungan wax karena sifatnya yang nampak kering/tidak basah yang justru mengundang debu cepat menempel pada rantai.
Cara Membersihkan Rantai di atas cukup simpel bukan ?. Namun demikian, ada lagi lho yang lebih praktis lagi. Teknik kedua ini bisa digunakan karena teknik sebelumnya perlu waktu banyak untuk membersihkan kotoran di sela-sela pin rantai sepeda. Oleh sebab itu, Yuk kita simak Tips Membersihkan Rantai Sepeda kedua berikut ini.
  1. Lepas rantai menggunakan chain cutter.
  2. masukkan rantai ke wadah plastik yang telah diisi dengan bensin setinggi 3-5cm. aduk-aduk dengan tangan agar melekat dengan rantai dengan sempurna biarkan beberapa saat agar bensin dalam wadah merontokkan kotoran yang melekat pada rantai sepeda.
  3. keluarkan, dan lap rantai dengan kain kering, (sebelum memasang rantai, pastikan anda juga membersihkan cassetenya) dan pasang kembali rantai pada sepeda.

    Sangat simpel bukan ?. Semoga artikel ini bermanfaat, karena dianjurkan untuk ditiru.

5 comments:

  1. wah keren sob tipsnya.. sebelumnya saya belum tau, setelah membaca artikel sobat saya jadi tau.. terima kasih ya sob infonya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob.. semoga lancar ya ranteinya.. :D

      Delete
  2. sepeda aku saat di kayuh berbunyi cik cik cik,, apa penyebab nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi ada masalah di bearingnya. coba sepedanya dimiringin abis itu diberi minyak di celah crank tempat ball bearing. kalo bunyinya di belakang, coba kasih minyak di celah poros caset sproketnya (gigi)

      Delete
  3. sepeda aku saat di kayuh berbunyi cik cik cik,, apa penyebab nya..

    ReplyDelete