Saturday, May 19, 2012

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Touring Sepeda































Biasanya jelang touring  pasti ada saja hal yang terlupakan,  terlewatkan atau mungkin tidak tahu sama sekali. oleh karenanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan sebelumnya. simak berikut ini baik-baik.

1.  Istirahat yang cukup,  usahakan tidur sekitar 6 - 8 jam.

2. Sarapan pagi,  jangan sekedar mengisi perut hanya dengan sehelai atau hanya semangkok bubur ayam, berkendara menanjak memerlukan banyak energi dan energi tersebut pada awalnya diperoleh dari sarapan yang berkualitas.  Jika tidak terbiasa nasi makanlah roti dengan potongan daging,  saya terbiasa dengan double sandwich yaitu 2x2 lapis roti gandum,  segelas susu fullcream hangat dan sebagai  pemompa, secangkir kopi susu dengan gula aren,  fungsi dari kopi adalah untuk memancing detak jantung agar sedikit cepat supaya kita terasa segar sepanjang gowes.

3. Siapkan pakaian kering dan windbraeker dan dibawa sepanjang berkendara dengan dibungkus plastik karena jika terjadi hujan dan kita memutuskan untuk tetap gowes ini sebagai pengganti baju kita yang basah.

4. Biasakan mengenakan bikepants dan jersey karena pakaian seperti ini cepat menguapkan keringat jika panas dan menahan panas disaat kita bersepeda ketika hujan.

5. Gunakanlah  sun glasses. Di tempat terbuka cahaya UV sangatlah tinggi,  dianjurkan untuk mengenakan sun glasses yang baik dan yang tidak sekedar hitam.  pakailah kacamata yang benar-benar menggunakan UV protector  karena intensitas UV yang tinggi bisa merusak retina mata kita dan dalam jangka panjang kita bisa-bisa terkena katarak. Ciri-ciri kacamata palsu adalah jika kita pakai agak lama mata terasa gatal,  berarti mata anda sudah teradiasi oleh sinar UV.

6. Bawalah sunblock dan skin protector tentunya.

7. Gunakanlah helm standard untuk bersepeda.

8. Siapkanlah painkiller,  untuk mengurangi rasa sakit disaat kita mengalami cedera otot, terkilir ataupun kram otot,  dalam istilah kedokteran dinamakan ethyl chloride dan bisa dibeli di toko terdekat.  Ethyl chloride tidak menyembuhkan terkilir atau kram, oleh karenanya, siapkanlah balsem otot. Tidak dianjurkan mengunakan cream otot yang menggunakan menthol artifisial seperti counterpain karena beberapa saat kemudian otot anda akan dingin dan justru menjadikan anda terkena kram lagi.

9. Pompalah ban sepeda anda secukupnya kebutuhan mengayuh. biasanya tekanan angin pada ban akan berkurang ketika kita sudah menempuh jarak 3 KM.

10. Periksa  brake pad anda,  jika sudah menipis, harus segera diganti, karena besi di dalam brake pad dapat merusak disk pada rem anda. Jika perlu anda siapkan brake pad cadangan karena berkendara dalam kondisi basah brake pad akan cepat habis.
11. Lumasi rantai dengan pelumas rantai (chain lube).  musim yang tidak menentu di Indonesia seperti ini sangatlah rawan bagi rantai anda untuk menjadi kering dikarenakan pelumas rantai anda larut terkena air hujan.  Belilah pelumas rantai yang wet base,  hal termudah dan termurah adalah minyak singer (minyak mesin jahit),  teteskan minyak singer pada sikat gigi bekas lalu sikat secara perlahan hingga merata.

12. Siapkan lampu dan hidupkan disaat hujan turun agar kendaraan di depan dan belakang anda tahu keberadaan anda,  usahakan yang berwarna terang,  merah atau kuning.

13. Bawalah ban dalam cadangan beserta tool kitsnya.



No comments:

Post a Comment