Sunday, June 15, 2014

Apa Bedanya Mechanical Disk Brake dengan Hydraulic Disk Brake

Biasanya kalau kita lagi pengen beli sepeda, kita suka ngeliat jenis remnya berbeda. Ada yang mechanical disk-brake biasa dan ada juga yang hydraulic diskbrake. apa itu bedanya ?? berikut penjelasannya.

1- Mechanical diskbrake.

Mechanical diskbrake yang biasa disebut rem cakram adalah sebuah rem yang sistemnya adalah menjepi disk/piringan yang ada disamping roda agar roda berhenti. rem cakram yang biasa ini masih mengunakan tarikan kabel rem seperti halnya rem konvensional biasa.












2- Hydraulic mechanical diskbrake.

hydraulic mechanical diskbrake yang satu ini adalah rem cakram, namun menggunakan tekanan hydraulic/cairan terhadap Brake pad/atau kampas rem sehingga menjepit disk seperti halnya rem cakram yang menggunakan kabel. Namun bedanya, rem ini lebih tahan lama dan lebih 'pakem' dibandingkan dengan rem cakram yang menggunakan kabel biasa. harganya pun juga lebih mahal sedikit dibandingkan dengan rem cakram kabel.








Itulah beberapa penjelasan yang membedakan antara 'mechanical diskbrake' dan 'hydraulic mechanical diskbrake'. Jika masih ada hal yang kurang, bisa mengisi table comment yang kosong. terimakasih and have a nice day ! :)

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wah berarti kalau hanya untuk penggunaan aktivitas sehari-hari saja lebih baik memakai mechanical disk brake atau rem biasa saja ya.

    jika berkenan silakan mampir di Alfiandi's Blog :)

    ReplyDelete
  3. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir yuk ke http://elementmtb.com/ganti-kabel-rem/

    ReplyDelete