Saturday, May 19, 2012

Teknik Berpindah Gigi Pada Sepeda


Sebagian besar pesepeda pasti sudah mengerti hal mendasar tentang teknik perpindahan gigi sepeda, namun apakah praktiknya  sudah pas, nyaman dan mampu mengantarkan pada aktivitas sepeda yang aman ?. Bila berkendara di jalan raya yang relatif datar, kapan pun kita bisa melakukan pemindahan gigi dengan mudah. Namun, akan berbeda kondisi ketika kita bersepeda di jalur off-road.
Teknik pemindahan gigi selama berkendara di trek off-road, memiliki trik tersendiri. Silahkan simak baik-baik TEKNIK PERPINDAHAN GIGI berikut.

·  Ketika menghadapi jalur menanjak atau mulai mendaki, usahakan kita memindahkan rantai ke gigi ringan, baik sebelum atau baru memasuki medan menanjak dengan mempercepat putaran pedal. Bila terlambat memindahkan gigi ke gigi paling ringan, turunkan satu persatu gigi belakang tanpa melepas power pada pedal. Bila terlambat, kecepatan sepeda langsung menurun dan sepeda menjadi lebih berat di kayuh, ujung-ujungnya yang sering terjadi, orangnya turun dan sepedanya dituntun.

·      Usahakan tidak memindahkan gigi terlalu cepat ketika power pedal sedang dalam tekanan penuh. Karena ini memungkinan rantai slip, bahkan bila rantai dipaksakan pada posisi gigi paling berat di medan menanjak dapat mengakibatkan rantai putus. sangat berbahaya.

·             Ketika melewati turunan, usahakan posisi gigi belakang pada titik tengah dan gunakan posisi ring tengah pada gigi depan. Jaga posisi gigi dengan power pedal agar tidak terasa loss. Tetapi tidak memasang posisi gigi pada tingkat teringan. Karena membuat tiang RD menjulur kebawah. Resiko RD miring / patah bila membentur di jalanan yang menurun kadang bisa terjadi, selain itu kayuhan kita juga menjadi kurang berarti..


No comments:

Post a Comment