Wednesday, May 2, 2012

ROADBIKE

Roadbike, atau sering disebut sepeda balap merupakan jenis olahraga yang cukup digemari kalangan pesepeda. selain itu, olahraga balap sepeda ini dapat dijadikan lahan untuk mencari penghasilan, karena jika kita dapat menjadi atlet balap sepeda profesional maka kita akan mendapat uang yang cukup besar. he he he..
 



Balap Sepeda sebetulnya sudah lama dikenal di Indonesia. Bahkan jauh sebelum Perang Dunia II sudah ada beberapa pembalap sepeda yang dibiayai oleh para pengusaha-pengeusaha besar seperti perusahaan Tropical, Triumph, Hima dan lain-lain. Mereka dapat dikategorikan sebagai pembalap sepeda profesional. Padahal waktu itu masih zaman penjajahan Belanda. Memang perkembangan olahraga Balap Sepeda cukup signifikan. waktu itu, khususnya kota Semarang menjadi pusat kegiatan Balap Sepeda. Oleh arsitek Ooiman dan Van Leuwen didirikanlah sebuah velodrome. Velodrome adalah sebuah track sepeda balap yang bentuknya oval dan memiliki permukaan yang miring.

Namun pada zaman  penjajahan jepang kegiatan Balap Sepeda sempat terhenti. Baru ketika kemerdekaan diproklamasikan, para penggemar Balap Sepeda kembali mencoba mempopulerkan. Meski belum terorganisir dalam satu wadah, tetapi secara perseorangan kegiatan olahraga Balap Sepeda nampak berkembang kembali. Sebagai contoh terbukti ketika PON II/1951 berlangusng di Jakarta, Balap Sepeda termasuk cabang olahraga yang diperlombakan.

Sepeda balap terbagi menjadi tiga kategori yaitu : Roadrace, Triathlon, dan Track.
Kalau dilihat, bentuk dari ketiga sepeda tersebut terbilang sama, namun nyatanya barbeda. Biasanya sepeda balap untuk roadrace digunakan untuk balapan jarak dekat dan sprint. beda dengan untuk Triathlon, atau sepeda balap ketahanan, yang digunakan untuk jarak yang jauh. adapun sepeda balap untuk Track (velodrome) adalah sepeda balap yang bisa dibilang paling polos. sepeda ini hanya memiliki gear yang sudah fix, tidak ada rem dan gigi. 


Selain roadrace, triathlon dan track, ada lagi roadbike untuk santai, yang disebut roadrace flatbar. roadrace flatbar ini tidak menggunakan dropbar (stang bengkok), melainkan flatbar (stang lurus) dan biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin santai. penggunaan sepeda ini pun tidak terlalu sulit seperti sepeda roadbike lainnya, karena bentuk sepedanya hampir menyerupai bentuk sepeda biasa.

Harga Roadbike pun bervariasi, mulai dari tiga juta rupiah, hingga ratusan juta rupiah.


Berikut contoh gambar untuk jenis-jenis roadbike :






Roadrace buatan lokal (POLYGON)  :
 


Roadrace Flatbar buatan lokal (POLYGON)  :






Roadbike Triathlon buatan lokal (POLYGON)  :



Roadbike track buatan lokal (POLYGON)  :



Omong-omong soal industri sepeda balap dalam negeri, indonesia sudah punya satu merk berkelas, yaitu Polygon.










1 comment:

  1. Nice artikel di http://sukaoutdoor.com ada berbagai perlengkapan untuk triathlon juga lho

    ReplyDelete