Thursday, May 3, 2012

HYBRID BIKE


Saya kenal sepeda hybrid ini pada saat berkunjung ke Rodalink Depok. Ada satu sepeda kok rasanya eye catching banget, dan ternyata itu adalah Polygon HEIST 5.0. lalu mulailah saya bertanya-tanya, dan diberitahukan kalau itu termasuk golongan hybrid dengan rancangan yang enak buat jalan di mana pun asal masih di kota. Tapi saya mulai sangsi, "apa bedanya dengan MTB ?. Sedekat mata memandang kok tidak beda sama MTB biasa". frame sama, persneling sama, rem sama, hanya bannya saja lebih kecil.

Menurut penjelasan yang saya dapat, sepeda Hybrid adalah kombinasi antara rangka (frame) sepeda balap dengan sepeda gunung. Stang menggunakan flat-bar, ban ukuran 27" (700). Ciri lain adalah sudut head tube relatif tegak. Sudut kemiringan pipa top tube agak sedikit menurun. Panjang pipa chainstay lebih panjang dibanding rangka sepeda balap

Lalu, apa efeknya ?

Roda nya yang kecil membuat mengendarai di jalan lebih lancar, frame MTBnya membuat kita lebih nyaman ketika mengendarai. Hal yang berbeda lagi, ukuran crank sepeda Hybrid yang dia pakai adalah DEORE HollowTech II yang ukurannya lebih besar daripada MTB biasa.

Dan pada akhirnyapun saya pilih Polygon HEIST 5.0.

Pengalaman menggunakan HEIST 5.0.

Hari pertama saya coba sepedanya, serasa melayang di udara ! dikendarainya pun empuk dan ringan. langsung saja saya menuju ke Universitas Indonesia. keliling disana segar sekali, sudah sepedanya nyaman, tempatnya pun bersih dan teduh, makin nikmat saja bersepeda. 

Setelah kira-kira 5 jam keliling UI, dapatlah saya 8 putaran. saya pikir, keliling UI itu cuma 3 - 4 KM, tapi ternyata ketika saya tanya, muterin UI itu jaraknya 20 KM !, apa ?? 20 KM ??  ya, 20 Km. itu artinya, saya keliling UI sudah 160 KM ??. hening. pantes aja sudah serasa mau pingsan (sambil keluar busa lewat mulut).

Tapi sayang, karena jalanan becek, sepedapun kotor. Dan akhirnya setelah beberapa menit beristirahat, saya pulang ke rumah  langsung saya cuci sepedanya karena kalau kotoran (tanah)nya sudah kering, akan susah di bersihkan.

Bagaimana ?, penasaran dengan HEIST 5.0 saya ?? lihat Disini yaa..

15 comments:

  1. saya jg pakai heist 5.0 memang mantap gan enteng banget nga rugi deh pake sepeda ini

    ReplyDelete
  2. waduh.. pengen juga sepeda hybrid.. apa versi lain punya rasa yang sama.. seperti heist 3.0 / 4.0

    ReplyDelete
  3. kalau menurut saya sih sama ya, soalnya kan bannya sama sama kecil, framenya sama sama ringan, hanya saja rem dan 'merk' pedal yang berbeda. namun kualitas penggunaan tetap sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. + group setnya juga beda2 om..
      heist 5.0 itu udah pake shimano deore, 4.0 pake shimano alivio, dst..

      Delete
  4. nyang bener gan 160km? klo satu jam muterin dapet segitu berarti dgn kecepatan 160 km/ jam dong.. haha motor aja kalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane keliling ui sekitar 5 jam-an bro, jadi kecepatan rata ratanya 30 km/jam an

      Delete
  5. gan, ane baru mau beli speda, tapi lagi bingung mau beli hybrid ato road bike, ada yang bisa kasih saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan sih om, kalo pure jalan di aspal road bike bisa jadi pilihan.
      kalo ga mau bosen Poligon HEIST bagus juga tuh soalnya disaat pengen banget maen di track yang blusukan ga banyak yang harus diganti, mungkin cuma ban aja beli yang khusus MTB, trus stam ganti yang pendek dan ganti stang yang bengkok tengahnya (entah namanya apalah pokoknya khusus MTB :v).
      Heist dari frame nya aja perkawinan road bike dan MTB, Gear set FD dan RD suport di aspal ataupun di tanah,pokoknya kalo mau hidup di dua alam heist recomended!!! (CMIWW biar aman).
      BTW kapan ya ane punya Heist 5.0...... T.T nabong ah..............!

      Delete
    2. Betul tuh. Hybrid bisa jadi pilihan bagus. Cocok hampir di segala medan. Velgnya juga udah doblewall, jadi kuat dibawa dijalan rusak

      Delete
    3. tapi bannya kadang kalo kena lobang keras bsa bocor gampang banget

      Delete
    4. Gan sepeda saya heist 2, ukuran bannya 700/40 mumpuni gk buat main di track JJ,JPG,JAPINGKAL..

      Delete
  6. kalo ane punya adeknya om, Heist 2 2016 hehehe

    ReplyDelete
  7. Agan2 salam kenal nubi nih.
    Gropset yg di mtb bisa dipindahin nggak ke frame roan bike?
    Trims pencerahannya.

    ReplyDelete