Friday, June 13, 2014

Step By Step Pembuatan Frame Carbon

Dewasa ini penggunaan bahan karbon fiber untuk frame speda mulai meningkat. banyak pabrikan sepeda mereka yang mengklaim bahwa frame berbahan karbon mereka paling bagus. Ingin tau bagaimana proses pembuatannya?. Ulasan dan gambar-gambar dibawah ini adalah frame karbon buatan SCOTT. Check This Out !!

1. langkah pertaman yaitu membuat ddesain dan perhitungannya.
semua bermula dari konsep dimana para ahli dari SCOTT berkolaborasi untuk menciptakan hasil yang direncanakan. SCOTT berencana untuk membuat sepeda terbaik disetiap kategori. prioritas utama adalah engineering atau perhitungan. Dengan ilmu, karbon fiber harus bisa mengoptimalkan rangkaian agar bisa menggapai standar performa tertinggi. Ketika serat yang hitam dan mengkilap ini dipakai secara benar, akan menghasilkan struktur yang kuat dan telah menjadi tujuan agar berbeda pada saat dikendarai.



2, Tahap kedua adalah pemotongan presisi yang menggunakan laser cut. penggunaan laser cut merupakan hal wajib dalam pemotongan serat karbon yang digunakan agar berat dan bentuknya seimbang.



3. Setelah tahap pemotongan selesai, potongan serat karbon pun dipersiapkan untuk kemudian ditempelkan kepada badan molding. Satu buah frame terdapat 200 potong serat karbon.



4. Tahap ke empat adalah IMP (proses molding terintegrasi) yaitu tahap peempelan potongan potongan serat karbon kepada cetakan molding berbentuk fram jadi yang terbuat dari bahan serupa foam. Tahap ini merupakan tahap yang penting karena menentukan pembentukan frame yang sempurna.



5. Tahap kelima adalah proses pencetakan. selama proses pencetakan, serat karbon yang telah ditempel menjadi satu pada badan molding diberikan tekanan tinggi agar menempel dengan sangat kuat dan memiliki kekuatan yang maksimal.



6. Tahap keenam adalah pemotongan sisa cetakan yang tidak diperlukan agar cetakan mudah dirangkai dan lebih presisi.



7. Tahap ketujuh adalah merangkai semua komponen yang masih terpisah menjadi satu kesatuan frame yang kuat. Tahap ini adalah tahap terakhir dari konstruksi pembuatan frame SCOTT.



8. Setelah semua tahap konstruksi selesai, selanjutnya dimulai tahap quality control. Yang dimulai dari  pengujian volume dan ketebalan serat karbon yang telah dicetak.



9. tahap kesembilan adalah tahap pengujian kekuatan frame. Untuk tahap ini frame diberikan tekanan 3X lebih kuat dibanding biasanya. Tekanan diberikan dari samping, dari bawah, dari depan dan dari belakang. Uji coba ini sangat menentukan kualitas frame ini. Hanya frame yang bisa melewati tahap ini saja yang kemudian akan dijual kepada konsumen.



10. Setelah tahap pengujian kualitas dan kekuatan selesai, tahap selanjutnya adalah tahap pengecatan dan pemberian warna pada body frame oleh para pengecat handal.



11. Setelah tahap pengecata selesai, tahap selanjutnya adalah penempelan decal atau stiker. proses ini murni menggunakan tangan agar hasil lebih maksimal.



12. Setelah semua proses selesai, dilakukan lagi final quality control dan setelah itu pengiriman kepada konsumen. Setiap frame serat karbon buatan SCOTT mendapat penanganan yang maksimal sehingga frame sangat kuat, presisi dan awet. Ini membuktikan bahwa SCOTT memang "Carbon Expert".



Demikianlah proses-proses pembuatan frame sepeda karbon dibuat dari nol sampai ke tangan konsumen. Semoga bermanfaat !! :)

3 comments:

  1. terimakasih informasinya
    Klik disini untuk melihat kerajinan fiberglass

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya gan sangat bermanfaat bagi saya yang bergerak dalam bisnis pembuatan wahana permainan air seperti :
    Seluncuran spiral
    Race Family
    Jamur Air
    Ember Tumpah
    Spiral Waterslide
    Produk lainnya

    ReplyDelete
  3. Baru tahu prosesnya..
    tanks infoermasinya

    ReplyDelete